22 Juni 2018

Pendiri AMS Meninggal

Mengenang Pendiri AMS (Alm) Tatto Sugiarta Pradjamanggala

Balada Tom and Jerry


Kang Tatto dan Kang Tjetje, dua sahabat yang unik. Mereka sering 'bertengkar' dalam mencapai sebuah tujuan bersama.

Kang Tjetje kuat dalam pikiran, analisanya kritis dan tajam. Menyukai literasi sejarah, sastra dan filsafat. Pendiriannya yang kuat bagai karang membuat ia dihormati lawan dan kawan. Lawan debatnya selalu merasa jeri bila berhadapan dengan Kang Tjetje yang selalu lugas, bernas dalam mengungkapkan pikirannya tanpa tedeng aling-aling. Dalam bahasa sederhana, Kang Tjetje memiliki otak yang cerdas dan sikap yang teguh.

Sementara Kang Tatto adalah jendral lapangan, berani, memiliki kemampuan mengerahkan massa dan seorang petarung dalam arti sebenarnya. Sikapnya tak pernah ragu hadapi maut. Nyalinya membuat ia dikagumi lawan dan kawan. Bisa disebut Kang Tatto memiliki 'otot' bagai besi yang tak akan 'bengok' karena ancamana atau intimidasi.

Mereka berdua mendirikan AMS. Dan organisasi tersebut menjadi besar dan berwibawa hingga saat ini. Sebagai aktivis politik. Mereka berdua sering 'bertengkar' dalam merumuskan langkah dan pikiran gerakan politik.

Bahkan saat mereka berdua dalam bui akibat menanggung pemberontakan yang mereka lakukan, tradisi perdebatan tersebut tak pernah surut. Ternyata hubungan 'Tom and Jerry' diantara mereka merupakan sebuah kekuatan yang dahsyat.

Persahabatan unik antara 'air dan minyak' ini langgeng abadi. Kedua figur tersebut menjadi rumah yang nyaman bagi keluarga besar AMS bila menghadapi tantangan jaman.

Hubungan kolabirasi otak dan otot yang sempurna tersebut menjadikan kedua figur tersebut mensublim menjadi dwi tunggal, Yin dan Yang.

Hari ini, Kang Tjetje Padmadinata sahabat Kang Tatto dalam pergulatan hidupnya, sangat terpukul atas kepergian belahan 'bara' jiwanya.

Tak dinyana, Kang Tatto seperti 'memilih' meninggalkan kita semua (justru) di hari  ulang tahun sahabatnya, Kang Tjetje Padmadinata yang ke 82. Sungguh sebuah Misteri Ilahi.

Seakan Kang Tatto ingin memberi 'kado' bagi sahabatnya. Seakan Kang Tatto ingin memberi pertanda bahwa persaudaraan sejati tersebut ingin terus dikenang oleh Kang Tjetje.

Mari kita panjatkan doa bagi Kang Tatto agar damai kasihNya melindungi arwahnya. Teriring doa pula agar kesehatan Kang Tjetje selalu waalfiat.

Selamat jalan Kang Tatto. Selamat ulang tahun Kang Tjetje. Terima kasih karena kau berdua mengajarkan kami akan arti hidup dalam memaknai persahabatan, dan perjuangan (memegang teguh prinsip hidup) yang tak lekang oleh ajal.

Ipong Witono

Bandung dalam duka, 22 Juni 2018
(catatan dari seperjuangan)
Innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatulloh, pendiri Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Kang Tatto Sugiarta Pradjamanggala, pukul 16.30 di RS Mayapada Jakarta. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka, di Manggala Giri Lembang. Mohon doanya dari semuanya untuk almarhum.

Tidak ada komentar: